9 Fakta Pengalaman Kuliah Di Jerman

by - September 23, 2018

Hari ini gw akan sharing pengalaman gue kuliah di Jerman sampai saat ini. Kuliah di Jerman sekarang bukan hal yang asing lagi bagi teman-teman di Indonesia dan bisa menjadi pilihan yang menarik untuk melanjutkan studi. Gw hari ini akan sharing pengalaman gue dengan bentuk  10 FAQ / Freuently Asked Questions ! Untuk nanya yang lain, gw mengadakan Q&A Session setiap hari Kamis di Instagram @VEENATION dengan topik berbeda-beda setiap minggunya.

kuliah di jerman

1. Kuliah di Jerman gratis ?

Technically uang sekolah di mayoritas universitas negeri Jerman "gratis". Tapi setiap mahasiswa wajib membayar Semesterbeitrag / Biaya Semester sebanyak 180-300an Euro. Biaya ini adalah biaya Semesterticket (tiket transportasi umum & kereta dalam satu negara bagian) dan biaya administrasi lainnya. Jadi "gratis" ya sebenernya.

2. Kuliah di Jerman beasiswa ?

Ga kok gw kuliah di jerman tanpa beasiswa. Biaya hidup dan "biaya kuliah" ditanggung sendiri. Tapi ini tidak menutup kemungkinan teman-teman untuk mencari beasiswa jerman. Sepengetahuan gw mayoritas beasiswa yang disediakan hanya untuk S2 dan S3, lebih susah dicari untuk S1. Lembaga beasiswa yang cukup dikenal adalah DAAD dan LPDP

pengalaman kuliah di jerman
Scheveningen Beach , Den Haag (Erasmus + Exchange in Den Haag )

3. Berangkat sendiri atau pakai agency kuliah di Jerman ?

Gw berangkat sendiri tapi temen-temen gw banyak yang pakai agency. Berangkat sendiri ga terlalu repot kok, informasi step by step ada di Jermandes.


4. Jurusan Kuliah Di Jerman

Gw kuliah BWL / Betriebswirtschaftslehre di Philipps Universität Marburg. BWL itu semacam business management.
 Jerman lebih terkenal untuk jurusan tehniknya di Indonesia tapi jurusan uni lainnya seperti BWL, VWL, Design, Nutrition, etc ga kalah bagusnya loh. Makin banyak juga teman-teman yang kuliah jurusan yang bukan tehnik di Jerman.

kuliah di jerman
Herrenhäuser Garten, Hannover

5. Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

Biaya sekolah sekitar 10 jutaan per taun
Biaya hidup sekitar 8640 Eur / 140 Jutaan sesuai ketentuan visa
Masa Studienkolleg dan Kuliah katakanlah 5 tahun :)
Itung sendiri yaaaa :D

6. Kuliah di Jerman dengan Bahasa Inggris

Bisa banget kuliah di Jerman dengan bahasa Inggris! Ada beberapa universitas negeri yang memiliki jurusan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris tetapi lebih banyak Universitas Swasta yang menyediakan pilihan kuliah ini. Rajin-rajin googling ya :)

tips kuliah di jerman
Winter in München 

7. Durasi Kuliah di Jerman

Studienkolleg 1 tahun + Kuliah 3 atau 4 tahun pada umumnya untuk jurusan selain pendidikan guru, hukum, dan kedokteran 
= 5 tahun kira-kira
Perlu diingat jika setiap orang memiliki pace masing-masing :) durasi bisa menjadi lebih cepat atau lebih lambat

8. Beratnya Kuliah Di Jerman

Kuliah di manapun pasti ada senang dan susah. Menurut gue kuliah di Jerman itu susah, sulit untuk mendapat nilai yang bagus. Lulus mata kuliah aja udh bagus banget! Semua pekerjaan rumah tangga juga harus dikerjakan sendiri. Paling sedih kalo sakit dan sendirian. 

Tapi kalau punya semangat tinggi buat survive dan flexibel semua kesusahannya pasti ga terasa berat kok :)

tips bergaul dengan teman baru
Luisenpark Mannheim

9.  Tips Bergaul dengan Teman Baru di Lingkungan Baru

- Be Open Minded
Setiap orang pasti punya keyakinan / opini masing-masing. Gw berpendapat bahwa berbeda pendapat dan kebiasaan bukan berarti ga bisa temenan.
Contoh : Diajak ke bar sama orang Jerman tapi kamu ga minum alkohol. Kamu bisa tetep ikutan hang out tapi minum soft drink.

- Berani Gaul
Cari-cari event yang menarik dan datang ke acara universitas & acara yang diadakan oleh teman. Jangan malu-malu untuk mengajak orang baru berkenalan dan ngobrol dengan teman baru.

- Cari Orang dengan Passion / Interest yang Sama
"Birds of a Feather Flocks Together"
Quote ini artinya orang-orang yang sama akan berkumpul bersama. Carilah group yang memiliki passion sama seperti lo, misalnya olahraga atau seni. Group ini bisa dicari di PPI lokal, Group Facebook di kota kamu, maupun Meetup.com untuk kota-kota besar.

You May Also Like

3 Comments

Comment and Share The Post
Follow me on Bloglovin' | Instagram | Facebook